Tips Memasak Mie Instan Lebih Sehat Dan Bergizi

Tips Memasak Mie Instan Lebih Sehat Dan Bergizi

Seperti namanya mie instan, mie ini dapat dimasak dengan mudah dan cepat. Cara masaknya yang sederhana, membuat banyak orang menjadikan mie instan sebagai pengganti makanan utama. Untuk membuatnya lebih bergizi, kami akan menjelaskan tips memasak mie instan lebih sehat.

Ada mie instan sehat yang tersebar di pasaran, tapi kesehatan dan kehigienisannya tidak bisa dibandingkan dengan mie instan yang Anda olah sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri, Anda bisa memilih sendiri bahan makanan sehat yang bernutrisi dan bergizi tinggi.

Cara Memasak Mie Instan Agar Sehat Ketika Dikonsumsi

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mie instan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena, kandungan gizi dalam mie instan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan. Namun, dengan tips di bawah ini Anda bisa menyeimbang gizi mie instan agar lebih sehat:

1. Buang Air Rebusan

Tips memasak mie instan lebih sehat dan bergizi yang pertama adalah membuang air rebusan mie instan. Menggunakan air rebusan, sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi, jika Anda tipe orang yang sangat menyukai mie instan.

Sebaiknya Anda membuang air rebusan mie instan dan ganti dengan yang baru. Hal ini karena, air rebusan mie mengandung lapisan lilin yang larut dalam air. Dengan mengganti air rebusan, jumlah lilin yang masuk ke dalam tubuh pun akan berkurang.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

2. Tambahkan Sayur-Sayuran

Untuk mendapatkan gizi dan nutrisi seimbang, Anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran seperti brokoli, jamur, wortel, atau sawi hijau. Anda minimal harus menambahkan 100 Gram sayuran ke dalam sebungkus mie instan atau lebih agar semakin sehat.

3. Tambahkan Protein Sehat

Anda juga bisa menambahkan daging, telur, dan ikan ke dalam mie instan untuk mencukupi kebutuhan protein harian. Tambahkan makanan berprotein 80-100 Gram sebagai penyeimbang gizi, mengingat mie instan hanya mengandung karbohidrat saja di dalamnya.

4. Ubah Bumbu & Kreasikan

Hal yang paling berbahaya dari mie instan adalah bumbunya yang mengandung banyak MSG. MSG sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Namun, tetap saja akan lebih baik jika Anda membuat bumbu sendiri yang lebih sehat.

Caranya, Anda bisa mengganti bumbu dengan kuah kaldu gurih. Untuk menambah kelezatan, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan berbagai bumbu yang ada di dapur seperti bawang putih, minyak wijen, dan kecap asin.

5. Hindari Makan Mie Instan Dengan Nasi

Nasi memang makanan pokok orang Indonesia. Apapun makanannya, memang tidak lengkap tanpa tambahan nasi. Namun, Anda harus menghindari konsumsi nasi dengan mie instan karena keduanya memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi.

Mengkonsumsi keduanya secara bersamaan bisa meningkat kadar gula di dalam tubuh. Tentunya ini akan membahayakan tubuh, terutama untuk Anda pecinta mie instan yang jarang berolahraga.

6. Tambahkan Makanan Berprobiotik

Untuk Anda pecinta drama Korea, pasti tahu dengan makanan pendamping bernama ‘Kimchi’. Kimchi sangat cocok dijadikan teman makan mie instan karena kaya akan vitamin C, karoten, dan dapat melancarkan pencernaan.

7. Jangan Makan Mie Istan Di Mala Hari

Jangan makan mie instan di malam hari terutama beberapa saat sebelum tidur. Hal ini karena kandungan gula dalam mie instan akan memberatkan kerja sistem pencernaan yang seharusnya beristirahat di malam hari.

8. Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan

Walaupun Anda sudah mengkombinasikan mie instan dengan sayuran sehat. Tetapi, tetap saja Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya, Anda membatasi konsumsi mie instan dan beralih pada makanan bergizi.

Misalnya, Anda tetap harus mengkonsumsi nasi dengan lauk pauk 4 sehat 5 sempurna dan jangan lupa juga rajin memakan buah-buahan kaya serat dan vitamin agar tubuh selalu sehat dan fit.

Di atas merupakan beberapa tips memasak mie instan lebih sehat. Kesimpulannya, Anda bisa mengkombinasikan mie instan dengan sayuran dan membuang air rebusan pertama. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan bumbu yang terdapat di mie instan dan tambahkan protein sehat.

Lalu, jangan lupa juga untuk tidak memakan mie instan di malam hari yang dibarengi oleh nasi karena itu sangat tidak sehat dan tidak baik bagi sistem pencernaan dan paling penting, jangan konsumsi mie instan terlalu berlebihan dan imbangi dengan makanan sehat lainnya.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda