Mengenal Fakta Unik Sendi & Tulang Pada Tubuh Manusia

Mengenal Fakta Unik Sendi & Tulang Pada Tubuh Manusia

Sudahkah Anda tahu bahwa sistem kerangka dalam tubuh manusia terbuat dari tulang, tendon dan ligamen, yang semuanya diperlukan untuk struktur tubuh, proses bergerak dan untuk melindungi organ-organ internal? Di dalam tubuh juga terdapat sendi yang juga memiliki fungsi tidak kalah penting dengan kerangka tubuh tersebut. Menyinggung pembahasan berkaitan dengan sendi dan kerangka atau tulang, pada kesempatan kali ini akan dibahas berkaitan dengan fakta unik sendi dan tulang pada tubuh manusia. Penasaran? Cek pembahasan berikut.

Fakta Unik Sendi Manusia

  1. Sendi berperan sebagai tempat di mana dua tulang bertemu atau terhubung.
  2. Beberapa sendi ada yang dapat bergerak dan beberapa jenis sendi lainnya ada yang tidak dapat bergerak. Sebagai contohnya bahwa sendi di tengkorak merupakan sendi yang tidak bergerak sedangkan sendi sinovial merupakan sendi bergerak. 
  3. Ternyata, sambungan bola dan soket seperti sambungan pinggul dan bahu. Yakni sebagai jenis sambungan yang paling mobile. Di mana sambungan tersebut memungkinkan Anda untuk menggerakkan tangan dan kaki ke berbagai arah.
  4. Sendi engsel termasuk dalam kategori sendi yang unik sebab memungkinkan gerakan yang mirip dengan cara pintu engsel bergerak lho.

Fakta Unik Sendi Manusia

1. Tulang menjadi struktur tubuh yang hidup

Mungkin banyak yang mengira bahwa tulang kerangka manusia jika diamati dari luar tubuh tampak kering dan keras. Akan tetapi tulang di tubuh manusia merupakan struktur yang hidup dan terbuat dari jaringan hidup. Dengan demikian tentu tulang-tulang di tubuh akan terus tumbuh dan beregenerasi dengan bantuan sel osteoblas. Di mana sel-sel tersebut secara konstan akan membantu dalam pertumbuhan tulang baru selama masa muda. Sedangkan sel osteoklas cenderung bekerja untuk menghancurkan tulang. Nah, siklus penciptaan dan penghancuran yang konstan inilah yang lebih dikenal sebagai remodeling tulang pada tubuh manusia.

2. Anak-anak ternyata memiliki lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Sudahkah Anda tahu bahwa orang dewasa memiliki 206 tulang di tubuh mereka, tetapi seorang bayi umumnya dilahirkan dengan sekitar 300 tulang dan tulang rawan lho. Sedangkan tulang rawan yang lunak dan lentur akan bergabung bersama untuk membentuk tulang yang lebih besar melalui proses yang disebut dengan proses osifikasi sehingga mampu mengurangi jumlah keseluruhan tulang pada usia dewasa nantinya.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

3. Tulang Femur merupakan tulang terbesar dalam tubuh manusia

Tulang femur adalah tulang panjang yang ada di dalam tubuh manusia dan memiliki bantalan berat yang memanjang dari pinggul ke lutut. Tulang femur juga merupakan tulang terkuat di tubuh manusia dan dapat menahan kekuatan hingga 1.800 hingga 2.500 pound, luar biasa bukan?

4. Tulang Sanggurdi merupakan tulang terkecil di tubuh manusia

Berbeda dengan femur, tulang sanggurdi atau yang dikenal dengan stapes ini merupakan tulang terkecil yang ada di dalam tubuh manusia dan salah satu dari 3 tulang yang membentuk telinga tengah, berukuran hanya 2-3 mm serta berfungsi untuk menerima getaran suara dan mentransfernya ke koklea untuk ditafsirkan oleh otak manusia.

5. Tulang Hyoid merupakan satu-satunya tulang yang ternyata tidak terhubung dengan tulang lain di dalam tubuh

Tulang hioid merupakan tulang yang memiliki bentuk seperti huruf U. Tulang yang satu ini terletak di antara dagu dan tulang rawan tiroid yang merupakan tulang berbentuk tapal kuda di tenggorokan manusia. Tulang jenis ini merupakan satu-satunya tulang dalam tubuh manusia yang tidak terhubung ke tulang lainnya lho.  Nah, Tulang tersebut ternyata bekerja dengan kotak suara dan lidah untuk membantu menghasilkan ucapan yang dilontarkan.

6. Penyakit Osteoporosis merupakan penyakit tulang paling umum terjadi

Osteoporosis adalah salah satu penyakit paling umum yang ditandai dengan massa tulang yang rendah dan penurunan struktur tulangPenyakit yang mengganggu fungsi tulang satu ini ternyata dapat didiagnosis dengan tes kepadatan mineral tulang sederhana dan diobati dengan perubahan gaya hidup dan penggunaan obat resep dokter. Nah, ketika tulang kehilangan mineral esensialnya seperti kalsium, tentu akan menyebabkan struktur di dalam tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah sehingga kesehatan tulang juga harus terjaga dengan baik supaya hal-hal buruk tidak terjadi pada kesehatan tulang tubuh Anda.Selesai sudah pembahasan berkaitan dengan fakta unik sendi dan tulang pada tubuh manusia. Semoga bermanfaat…

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda