Masalah Kesehatan Paling Umum Di Indonesia Yang Perlu Diwaspadai

Masalah Kesehatan Paling Umum Di Indonesia Yang Perlu Diwaspadai

Di setiap negara pasti mengalami beberapa masalah kesehatan tanpa terkecuali di Indonesia. Bahkan di nusantara ada beberapa penyakit yang jika kadung menyerang, jumlah pasiennya akan terus meningkat. Nah, untuk lebih jelas berikut akan diuraikan tentang masalah kesehatan paling umum di Indonesia.

Masalah Kesehatan Paling Umum Di Indonesia

Masalah kesehatan yang sering terjadi di Indonesia tidak selamanya terkait dengan penyakit berat. Tetapi juga ada penyakit ringan namun kemunculannya intens dan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi warga.

Berikut akan dijelaskan problem kesehatan yang masih sering melanda di Indonesia. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda, minimal ada kesempatan untuk mencegahnya sebelum penyakit itu datang. Ini dia uraiannya:

1. Demam Berdarah Atau DBD

Demam berdarah adalah masalahan kesehatan paling umum di Indonesia yang hampir datang setiap tahun. Terutama ketika musim kemarau berganti ke musim hujan. Yang mana di waktu tersebut, jentik nyamuk aides leluasa menetas.

Penyakit akibat gigitan nyamuk aides aigepty ini terkategorikan sedang dan cukup membahayakan. Terutama jika yang diserangnya adalah anak-anak dan balita. Tidak jarang akibat penyakit ini, mereka harus meninggalkan dunia lebih cepat.

Untuk mengatasi masalah ini, umumnya pemerintah menggalakkan program kebersihan lingkungan. Termasuk melakukan penyemprotan obat anti nyamuk di kampung-kampung yang berpotensi menjadi penyebab perkembangbiakan.

2. Stroke

Stroke masih menjadi penyakit pembunuh di Indonesia. Bahkan beberapa dokter menyampaikan, jika stroke sudah menyerang kadar penyembuhannya sangat tipis kecuali masih stroke ringan.

Jika stroke sudah muncul, biasanya akan bermunculan penyakit lainnya yang tak kalah berat. Di antaranya adalah diabetes dan darah tinggi. Ini yang berpotensi membuat pasien kesulitan untuk dilakukan perawatan yang tepat.

Stroke sendiri digejalai dengan matinya beberapa syaraf tubuh baik secara permanen maupun parsial. Umumnya jika masih ringan, penyakit masih bisa diatasi, bahkan terkadang bisa sembuh dengan sendirinya.

Melihat kondisi semacam ini, tentu pemerintah harus lebih sigap untuk mengatasi masalah stroke di Indonesia. Termasuk melakukan sosialisasi pencegahan yang tepat dan benar.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

3. Diabetes Atau Kencing Manis

Masalah kesehatan paling umum di Indonesia yang ke tiga adalah diabetes atau kencing manis. Ini juga tergolong penyakit berat di Indonesia terutama yang kadar glukosa-nya cukup tinggi.

Umumnya penyakit diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas memproduksi insulin. Penyebabnya banyak, bisa karena pola hidup yang tidak sehat bisa juga karena penyakit-penyakit tertentu.

Ada dua jenis kencing manis yang lumrah di Indonesia. Di antaranya adalah kencing manis basah dan kering. Keduanya sama berbahaya dan bahkan untuk diabetes basah berpotensi melukai kulit yang jika parah bisa berujung pada amputasi.

Ini juga masih menjadi masalah laten yang sulit dihindari. Apalagi masyarakat sendiri, masih terlalu suka mengkonsumsi makanan manis berlebihan. Padahal glukosa over dosis di dalam darah, juga menjadi penyebab diabetes.

4. Kanker Payudara

Kaum perempuan yang tinggal di Indonesia masih dihantui oleh satu penyakit yang cukup kronis. Namanya adalah kanker payudara stadium tinggi. Jika penyakit ini sudah menyerang, peluang sembuhnya sangat kecil.

Bahkan jika kanker payudara sudah memasuki stadium 4, penjalaran penyakit jauh lebih cepat. Bahkan ada yang payudaranya harus diamputasi, untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan untuk membuang sel yang telah rusak.

Terkadang kanker payudara disebabkan oleh genetika. Bisa juga disebabkan oleh kerusakan jaringan dan metabolisme yang ada di dalam payudara. Maka dari itu, pastikan payudara sehat dan dijaga kebersihannya dengan baik.

5. Flu & Demam Pancaroba

Flu dan demam pancaroba merupakan penyakit musiman di Indonesia. Penyakit kategori ringan ini muncul saat peralihan dari musim panas ke penghujan maupun sebaliknya. Peyakit ini dapat memilki gejala berat dan ringan.

Penyakit ini tidak perlu dikhawatirkan kecuali tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Sedangkan gejala yang ringan, dengan istirahat total minimal dua minggu saja, penyakit akan sembuh dengan sendirinya.

Masalah kesehatan yang umum di Indonesia yang sudah dijelaskan di atas, adalah sekumpulan penyakit yang patut diwaspadai oleh masyarakat. Jika gejala-gejala sudah muncul ada baiknya dilakukan perawatan dan kalau perlu silakan berobat kepada dokter.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda