Makanan Wajib Di Pagi Hari

Makanan Wajib Di Pagi Hari

Makan di pagi hari mungkin tidak diperlukan untuk sebagian orang. Bahkan, melewatkan sarapan mungkin lebih baik dari pada makan makanan tidak sehat. Tetapi, sarapan yang bergizi dan seimbang dapat memberi Anda energi dan mencegah Anda makan terlalu banyak saat siang. Di bawah adalah beberapa makanan wajib di pagi hari yang bisa Anda makan:

List Makanan Wajib Di Pagi Hari

1. Telur

Telur tinggi protein dan beberapa nutrisi penting. Makanan ini juga mempromosikan kepenuhan dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang. Faktanya, makan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol jahat dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Terlebih lagi, tiga telur besar menyediakan sekitar 20 gram berkualitas tinggi protein.Telur juga sangat serbaguna. Sebagai contoh, telur rebus membuat sarapan portabel yang luar biasa yang dapat disiapkan sebelum Anda memulai aktivitas.

2. Kopi

Memiliki secangkir kopi adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Kafein di dalamnya dapat meningkatkan suasana hati, kinerja mental, dan metabolisme. Kafein tinggi, yang telah terbukti meningkatkan mood, kewaspadaan, dan kinerja mental. Bahkan sejumlah kecil kafein dapat mencapai efek ini.

Sebuah analisis dari 41 studi menemukan dosis paling efektif adalah 38-400 mg per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein sambil mengurangi efek samping. Kira-kira 1 hingga 4 cangkir kopi per hari, tergantung pada kekuatan kopi, untuk dikonsumsi.

Kafein juga telah terbukti untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam satu studi, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam. Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan yang disebut EGCG, bermanfaat bagi otak dan sistem saraf Anda. Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di planet bumi ini. Teh hijau mengandung kafein, yang meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, serta meningkatkan laju metabolisme.

Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir. Teh hijau mungkin sangat membantu melawan diabetes. Sebuah ulasan dari 17 studi menemukan bahwa peminum teh hijau bisa menurunkan kadar gula darah dan insulin yang mengandung antioksidan dan dikenal sebagai EGCG, yang dapat melindungi otak, sistem saraf dan jantung Anda dari kerusakan.

4. Buah

Buah adalah sumber vitamin, potasium, dan serat yang baik. Ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit. Buah dapat menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi. Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Buah sitrus juga sangat tinggi vitamin C.

Faktanya, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi. Pasangkan buah dengan telur, keju, keju cottage atau yogurt untuk sarapan seimbang yang akan membuat Anda bertahan selama berjam-jam.

5. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat beta-glukan, yang menurunkan kolesterol dan meningkatkan perasaan kenyang. Ini juga mengandung antioksidan. Oatmeal adalah pilihan sarapan terbaik untuk pecinta sereal. Oat juga kaya antioksidan, yang melindungi asam lemaknya agar tidak berbau. Antioksidan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun gandum tidak mengandung gluten, mereka sering diproses di fasilitas yang sama dengan gandum yang mengandung gluten. Para peneliti telah menemukan bahwa sebagian besar gandum memang terkontaminasi dengan biji-bijian lain, terutama gandum.

Sarapan yang bergizi dan seimbang dapat memberi Anda energi dan mencegah penyakit hinggap di tubuh Anda. Nah, ikuti beberapa rekomensasi makanan wajib di pagi hari yang tersebut atas, untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda