Lebih Sehat Dengan Bahan Pengganti Gula

Lebih Sehat Dengan Bahan Pengganti Gula

Gula menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk memberikan rasa pada masakan. Selain itu, gula juga biasanya digunakan untuk memberikan rasa manis pada minumam. Tapi, dasarkah anda jika gula yang anda gunakan sehari-hari ternyata tidak menyehatkan? Supaya hidup sehat terus, ada baiknya anda menggunakan bahan pengganti gula.

Bahan Pengganti Gula Pasir

Gula pasir atau gula murni merupakan sebuah bahan yang terbuat dari tebu.  Banyak orang yang mmenggunakan gula ini dalam kehidupan sehari-hari baik dalam campuran  makanan atau minunan. Tapi harusnya, kita semua harus memperhatikan jumah konsumsinya.

 Pasalnya, gula ini sangat cepat sekali diserap oleh tubuh. Jika terlalu banyak diserap tubuh maka dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa pada darah.Jika kadar glukosa darah naik, maka bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan dimana salah satunya adalah diabetes. Tentu hal ini sangat menguntungkan, bukan?

 Untuk menghindari resiko asupan glukosa yang terlalu berlebihan, maka  anda bisa mengganti gula dengan pemanis lainnya yang memiliki glikemik yang lebih rendah. Indek glikemik ini merupakan skala ukuran seberapa cepat karbohidrat yang dikonsumsi bisa meningkatkan glukosa darah.

Nah, sebagai wujud nyata dalam mengurangi kadar glukosa darah, mulai hari ini anda harus menggunakan bahan pengganti gula pasir. Bahan-bahan sangat aman sekali dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Berikut contoh bahan untuk menggantikan gula yang bisa anda gunakan.

1. Daun Stevia

Daun Stevia adalah sebuah tanaman yang tumbuh di negara beriklim tropis dan salah satunya ada di Indonesia. Meski begitu, ternyata belum banyak orang yang familiar dengan tumbuhan satu ini. Hal ini karenakan Stevia termasuk tumbuhan baru yang dapat digunakan sebagai pengganti dari gula.

Salah satu keunggulan dari Stevia ini adalah pemanis alami yang bebas kalori dan gula. Sehingga, hal ini sangat aman dikonsumsi bagi para penderita gangguan diabetes. Anda bisa menggunakan tumbuhan satu ini sebagai pengganti saat diet. Jika anda sulit menemukanya, anda membeli Stevia yang sudah dikemas menyerupai gula pasir.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

2. Sirup Jagung

Pernah gak anda mendengar sirup Jagung? Surip Jagung adalah sebuah sirup yang berasal dari bahan dasar sari Jagung. Sirup ini bisa dijadikan sebagai pemanis alami. Ada banyak kandungan glukosa yang akan diubah dengan banyak enzim menjadi fruktosa.

Meski bisa digunakan sebagai penganti gula palem, penggunaan sirup jagung secara berlebihan tidak disarankan ya. Sebuah penelitian menunjukan jika penggunaan sirup Jagung secara berlebihan bisa menyebabkan makan obesitas dan kesehatan.

3. Madu

Madu merupakan salah satu bahan yang ddihasilkan dari sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Ektrak ini bisa diubah dalam bentuk sirup sebagai bahan pangan untuk koloni lebah. Rasanya yang sangat manis banyak dijadikan sebagai pengganti gula.

Sebenarnya, jumlah kalori dalam madu lebih besar dari pada gula pasir. Cuman bedanya, madu tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kelebihan lainnya adalah adanya kandungan vitamin B dan C yang sangat baik untuk menjaga imunitas.

4. Sirup Maple

Sirup mapel merupakan sirup yang  berasal dari getah pohon maple. Satu sendok sirup ini mengandung 52 kalori ,  13,5 gram karbohidrat, dan 12,4 gram sukrosa. Jumlah Sukrosa ini lebih ssedikit dari pada madu. Selain itu, sirup ini juga menggandung magnesium, zat besi dan zinc.

5. Agave Nektar

Agave Nektar mempunyai banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan gula. Salah satunya adalah kandungan glikemiknya yang rendah dan bisa mengurangi sensitivitas terhadap hormon insulin. Pasangan, Agave nectar memiliki kandungan fruktosa yang lebih banyak.

Proses pembuatannya juga membutukan waktu yang rumayan lama. Sirup ini dihasilkan dari Tanaman tequila  dan harus melalui proses agar kandungan karbohidrat bisa pecah dan menjadi gula. Jumlah kalorinya hampir sama dengan madu. Bedanya ini tidak mengandung antioksidan.

Itu tadi beberapa pengganti gula pasir untuk memasak dan membuat minuman. Yuk, mulai dari sekarang ganti gula Anda dengan gula sehat. Selain menyehatkan, kandungan gula pada bahan-bahan tersebut lebih aman.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda