Kandungan Zat Makanan Yang Diperlukan Oleh Tubuh

Kandungan Zat Makanan Yang Diperlukan Oleh Tubuh

Kalian semua tentu sudah tahu bukan jika kandungan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh memiliki banyak manfaat? Namun sayangnya, sebagian orang masih beranggapan bahwa zat makanan ini hanya sebatas makanan yang memberikan rasa kenyang.

Padahal lebih dari itu, yang dimaksud zat makanan adalah zat-zat gizi dari makanan itu sendiri. Jadi fungsinya tidak hanya sekedar memberikan rasa kenyang, tetapi juga sebagai sumber tenaga, merangsang pertumbuhan dan perkembangan tubuh, menjaga kesehatan, dan lain-lain.

Zat Dalam Makanan Yang Penting Bagi Tubuh

Untuk mendapatkan seluruh fungsi tersebut zat gizi haruslah dikonsumsi dalam porsi yang pas dan seimbang. Karena jika sampai terjadi kekurangan atau kelebihan zat gizi, bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Beberapa zat gizi yang penting dan diperlukan oleh tubuh diantaranya sebagai berikut.

1. Karbohidrat

Karbohidrat sudah cukup dikenal sebagai sumber energi yang utama serta mampu memaksimalkan fungsi dan kinerja otak. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa karbohidrat hanya bisa didapatkan dari nasi dan umbi-umbian. Padahal, karbohidrat juga bisa didapatkan dari quinoa, jagung, dan gandum.

2. Lemak

Jika menyebutkan tentang lemak, mungkin Anda akan beranggapan bahwa kandungan ini memiliki efek buruk pada kesehatan. Padahal sebenarnya ada juga lemak baik yang diperlukan tubuh seperti HDL. Lemak ini berperan penting dalam melarutkan berbagai jenis vitamin A,D, E, K yang diperlukan tubuh.

3. Protein

Di masyarakat protein cukup erat kaitannya dengan bahan makanan yang terkandung dari bahan makanan hewani. Padahal ada juga loh protein nabati yang bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan seperti tahu dan tempe, kacang-kacangan, maupun kecambah.

4. Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh demi menunjang kesehatan dan tumbuh kembang. Vitamin-vitamin itu bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Aneka vitamin tersebut antara lain seperti:

  • Vitamin A untuk kesehatan mata, kulit, dan hati.
  • Vitamin B berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan sistem saraf.
  • Vitamin C untuk daya tahan tubuh.
  • Vitamin D untuk kesehatan dan kepadatan tulang maupun gigi.
  • Vitamin E menjaga kesehatan kulit dan organ reproduksi.
  • Vitamin K untuk mempercepat proses pembekuan darah.
NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

5. Kalsium

Agar bisa bekerja secara maksimal, konsumsi vitamin D haruslah ditambah dengan zat kalsium. Kombinasi keduanya bisa memberikan bentuk dan kepadatan pada tulang maupun gigi. Berbagai bahan makanan yang mengandung kalsium antara lain seperti ikan laut, brokoli, dan produk turunan hewani.

6. Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi tumbuh kembang otak pada anak, bahkan sejak ia masih di dalam kandungan. Sehingga ketika mengandung, ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak asupan asam folat dalam makanannya. Asam folat ini terkandung pada produk hewani atau kacang-kacangan.

7. Zat Besi

Zat besi sangat erat kaitannya dengan sirkulasi darah. Tubuh yang kekurangan zat besi akan terlihat lesu, mudah lelah, lemas, serta kulit dan bagian mata tampak pucat. Untuk itu perbanyak konsumsi zat besi dari makanan seperti daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan sayur hijau.

8. Omega 3

Omega 3 memiliki fungsi penting dalam menjaga daya ingat dan konsentrasi saat berpikir. Anda bisa mengkonsumsi zat gizi Omega-3 ini lewat makanan seperti alpukat minyak, zaitun alpukat, telur, minyak ikan, dan sebagainya.

9. Serat

Manfaat serat tentu sudah tidak asing lagi dalam memperlancar sistem pencernaan maupun buang air besar. Asupan serat ini bisa berasal dari jenis serat tidak larut, serta bisa mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, ada juga asupan serat larut yang bisa memaksimalkan kesehatan dan kinerja organ jantung.

10. Asam Amino Esensial

Asam amino memiliki 8 jenis zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam menunjang kesehatan dan tumbuh kembang. Kedelapan asam amino esensial tersebut diantaranya adalah valine, leucine, isoleucine, lycine, phenylalanine, threonine, methionen, dan juga tryptophan.

Di masa anak-anak, kebutuhan asam amino esensial ini berfungsi dalam memaksimalkan pertumbuhan otak dan otot. Untuk mendapatkan kecukupan zat asam amino esensial dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan dengan seimbang.

Setelah mengetahui berbagai kandungan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh, tentu memenuhi kebutuhan gizi bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memadukan setiap bahan makanan dengan kandungan zat di dalamnya.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda