Ingin Diet, Konsumsi 8 Makanan Pengganti Nasi Berikut Ini

Ingin Diet, Konsumsi 8 Makanan Pengganti Nasi Berikut Ini

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Makanan satu  mengandung karbohidrat yabg dijadikan sebagai sumber energi. Bagi yang sedang ingin menggemukan badan, maka sangat dianjurkan untuk konsumsi nasi. Tapi bagi yang sedang melakukan diet, sebaiknya hindari makan nasi dan konsumsi makanan pengganti  nasi.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasi menjadi salah satu makanan yang harus dihindari ketika sedang melakukan diet. Boleh saja sih sebenarnya mengonsumsi nasi, tapi ya harus dikurangi banyak porsinya. Selain nasi, mungkin anda bisa mengonsumsi berbagai macam makanan berikut ini, yaitu

1. Pisang

Buah Pisang adalah salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan karbohidrat. Maka tidak heran, pisang dijadikan sebagai makanan pokok di wilayah benua Afrika dan Amerika. Buah ini juga mengandung berbagai zat penting yaitu kalium, vitamin C dan B6. Kandungan semua zat ini dipercayai bisa menurunkan berat badan , tekanan darah dan juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Ubi

Ubi juga bisa digunakan sebagai alternatif makanan pengganti nasi putih. Ubi yang sudah diolah, mengadung kurang lebih 18-21 % karbohidrat dan mengandung sedikit kandungan gula. Ubi juga mengandung provitamin A, Vitamin C dan juga Kalium. Selain itu, Ubi juga mengandung kandungan antioksidan yang bisa membantu dalam meningkatkan imunitas.

3. Jagung

Pada beberapa daerah di Indonesia masih menjadikan Jagung sebagai makanan pokok. Jagung segar bisa di olah dengan cara di rebus atau buat nasi jagung. Di dalam Jagung mengandung serat, vitamin C dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Kacang Merah

Kacang-kacangan memang sangat bagus untuk diet. Salah satunya adalah kacang merah. Dalam kacang merah yang sudah direbus mengandung 22,8% karbohidrat yang berbentuk pati dan serat. Makanan ini juga banyak mengandung kandungan protein. Selain bagus untuk diet, kacang merah juga bagus untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

5. Kentang

Kentang dianggap sebagai salah satu sumber karbohidrat yang harus dihindari. Padahal, kentang merupakan sayuran yang mempunyai banyak sumber kalium dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Kentang juga mengandung 4 gram serat dan bisa memenuhi 15% kebutuhan serat harian.

Tapi perlu diingat ya cara mengolah kentang sangat berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Agar nutrisi tetap terjaga, anda bisa mengolah kentang dengan cara di rebus. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah agar rasanya semakin makyus.

6. Kembang Kol

Kembang Kol ternyata bisa dipahami menjadi nasi yang sehat dan kaya akan serat loh. Anda cukup memoting kembang Kol menjadi potongan kecil. Setelah itu, haluskan dengan menggunakan blender hingga menyerupai nasi.

Setelah itu, anda bisa menumisnya dengan menggunakan minyak zaitun hingga empuk. Makanan  ini mengandung sekitar 25 kalori dan 5 gram karbohidrat yang  cukup memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari. Jadi, anda bisa mengonsumsinya setiap hari ya sebagai makanan alternatif pengganti nasi untuk kesehatan dan diet.

7. Quinoa

Buah Aquinoa menjadi salah satu pilihan bagi orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat. Selain itu, juga bagus loh untuk makanan diet. Di dalamnya ada kandungan karbohidrat, protein, dan serat yang tinggi.

Quinoa juga banyak mengandung gluten yang bisa membuat anda lebih bisa kenyang dengan lama. Anda bisa mengolahnya seperti nasi putih. Bahkan bisa diolah dengan menggunakan bumbu nasi goreng.

8. Oats

Oats adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan gandum utuh. Oats kaya akan kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, serat dan antioksidan. Oats juga dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk diabetes. Selain itu, juga bisa membantu dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Setiap hari, anda hanya perlu menyeduh oats dengan air panas. Anda juah bisa menambahkan madu atau potongan buah sebagai perasa. Sehingga oats menjadi makanan pengganti nasi yang sehat.

Nah, itulah tadi rekomendasi makanan pengganti nasi putih yang bisa anda coba. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka berat badanmu akan bisa terkontrol dan tubuh juga akan sehat. Selain itu, anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat ya..

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda