Info Cara Menghitung Kebutuhan Gizi Seseorang Tahun 2020

Info Cara Menghitung Kebutuhan Gizi Seseorang Tahun 2020

Saat ini, cara menghitung kebutuhan gizi seseorang banyak sekali digunakan oleh banyak orang. Apalagi, pada saat pandemi Covid- 19. Dalam hal ini, Anda akan juga harus menghitung kebutuhan gizi harian Agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Gizi Harian

Penghitungan ini dipakai untuk mengecek kebutuhan gizi setiap orang, perempuan dan laki-laki. Jika Anda mulai menghitung gizi setiap harinya maka akan menimbulkan efek yang menguntungkan segi kesehatan Anda.

1. Kebutuhan Gizi Mikro

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kebutuhan gizi kategori mikro. Gizi kategori mikro adalah gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Misalnya meliputi vitamin, yodium, magnesium, kalsium, natrium, fosfor, kalium, dan zat besi.

Meskipun kecil, jumlahnya sangat beragam tergantung pada usia seseorang. Zat gizi mikro ini dapat dilihat dalam AKG yang diberikan Kemenkes RI. Oleh karena itu, untuk mengetahui kebutuhan gizi seseorang,  Anda harus menyesuaikan dengan usia tiap orang.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

2. Kebutuhan Gizi Makro

Berbeda dengan gizi mikro, kebutuhan gizi makro dibutuhkan dengan jumlah yang besar oleh tubuh termasuk lemak, karbohidrat, dan protein. Dalam istilah lain juga bisa disebut dengan kebutuhan energi. Untuk menghitungnya Anda harus menggunakan rumus Haris Benedict.

Di dalam Helosehat ada semacam kalkulator untuk menghitung kebutuhan kalori dengan cara yang praktis dan mudah. Anda tinggal memasukkan data berat badan, jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik. Hasilnya pun akan langsung diketahui.

Setelah Anda mengetahuinya, tinggal membagi ke dalam tiga kalori yaitu kalori kebutuhan karbohidrat, kalori kebutuhan protein, dan kalori kebutuhan lemak. Berikut ini akan kami buatkan satu contoh:

Misalnya, hasil kalori kebutuhan karbohidrat 325 gram, hasil kalori kebutuhan protein 75 gram dan hasil kalori kebutuhan lemak 44 gram. Kesimpulannya kalori Anda setiap harinya 2000 kalori. Jadi, Anda hanya perlu menjumlahkan semua hasil menjadi satu.

Meskipun begitu, kebutuhan gizi seseorang sangatlah berbeda-beda. Untuk jumlah protein jangka usia 19 hingga 20 tahun adalah 63 gram. AKG biasanya dihitung menggunakan rumus atau tabel untuk acuan gizi.

Kelebihan gizi akan mengakibatkan kelebihan berat badan bahkan obesitas. Selain itu, memiliki penyakit degeneratif dapat mengancam kasus seperti penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. Kesimpulannya, Anda harus memenuhi kebutuhan gizi dengan porsi yang sesuai.

Sedangkan, kekurangan gizi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit infeksi. Seperti yang dibahas sebelumnya, Anda bisa menghitungnya dengan rumus Haris Benedict dengan menggunakan rumus energi = AMB atau angka metabolisme basal kali aktivitas fisik.

Untuk catatan lainnya yaitu hadirnya tabel pembagian dalam aktivitas seseorang juga mempengaruhi dalam penghitungan kebutuhan gizi seseorang juga. Kategori aktivitas fisik dari bedrest dengan gender laki-laki berjumlah 1,30 dan perempuan berjumlah 1,30.

Kategori aktivitas fisik ringan untuk laki-laki berjumlah 1,65 dan perempuan berjumlah 1,55. Kategori ketiga yaitu aktivitas fisik sedang untuk laki-laki berjumlah 1,76 dan perempuan berjumlah 1,70. Terakhir, kategori aktivitas fisik berat untuk laki-laki berjumlah 2,10 dan perempuan berjumlah 2,00.

Rumus BBI juga berlaku dengan menggunakan rumus TB-100 – 10% (TB – 100). Jika Anda belum mengetahui kebutuhan protein, lemak bahkan karbohidrat, disini akan lebih diulas lagi. Kebutuhan protein yang diperlukan sebanyak 10% – 15% dari total kebutuhan Anda.

Beda lagi dengan kebutuhan lemak yang diperlukan sebanyak 10% – 25% dari total kebutuhan Anda. Terakhir kebutuhan karbohidrat yang diperlukan sebanyak 60% – 75% dari total kebutuhan Anda. Apakah Anda sudah coba untuk menghitungnya?

Lalu, jika Anda sedang membelanjakan kebutuhan sehari-hari di tempat mall atau lewat situs daring, Anda akan menemukan beberapa makanan dan minuman yang dikemas lalu dicetak berapa kalori tertera di dalam kemasan atau tabel informasi gizi. Jadi, Anda bisa mengetahui kandungan gizinya.

Selain itu, cara menghitung kebutuhan gizi seseorang ini bisa Anda raih jika Anda tetap berpegang teguh untuk menjalani rintangannya yaitu dengan memenuhi kebutuhan gizi makro dan kebutuhan gizi mikro. Pastikan Anda memenuhi keduanya ya!

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda