Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Untuk menjadi negara yang kuat dibutuhkan masyarakat yang sehat. Kesehatan memang harus dijaga oleh setiap individu. Tetapi realitanya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Inilah Beberapa Faktor Penaruh Kesehatan Masyarakat

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat, seperti faktor internal dan eksternal. Dari beberapa faktor yang ada, berikut kami rangkumkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat:

1. Kebersihan lingkungan

Kebersihan bisa meliputi sistem sanitasi, cara pengelolaan sampah, pemeliharaan fasilitas umum, dan sebagainya. Wabah dan pandemi merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat yang dapat dengan mudah menyebar jika kebersihan lingkungan tidak dijaga.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan secara pribadi dan bersama masyarakat. Upaya pribadi bisa dimulai dari memisahkan sampah organik dan anorganik, membersihkan rumah dan halaman sekitar, dan membuat tangki antiseptic.

Upaya bersama masyarakat dapat dilakukan dengan gotong royong seperti membersihkan selokan, sungai, dan fasilitas umum. Mengontrol limbah di kawasan industri juga wajib diupayakan bersama. Anda juga bisa melakukan Jum’at bersih agar kebersihan lingkungan tetap terjaga.

2. Letak geografis daerah

Hampir mirip dengan faktor yang pertama, faktor yang satu ini meliputi hal-hal yang di luar kendali masyarakat terkait kondisi geografis daerahnya. Contohnya adalah masyarakat di daerah dekat pantai yang kesulitan air bersih atau masyarakat di daerah lereng gunung berapi aktif.

Banyak penyakit yang dapat menjangkiti masyarakat karena lingkungan geografis. Untuk penanggulangannya dibutuhkan kerja sama masyarakat dan juga bantuan pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat.

3. Tata kelola lingkungan

Penataan kota dan perumahan perlu dikelola untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. Terdapat banyak model penyusunan rumah yang menyesuaikan geografis tiap daerah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kepadatan penduduk dan lingkungan yang kumuh.

Tata letak tiap rumah dan sistem sanitasi sebaiknya diatur sedemikian rupa berdasarkan keadaan alam agar tidak terjadi pencemaran. Hal ini juga perlu diberlakukan pada perusahaan dan kantor yang menyangkut khalayak hidup orang banyak.

Lebih lanjut, pemerintah sudah mengeluarkan beberapa peraturan terkait perusahaan dan industri yang harus ditaati agar tidak berpengaruh buruk terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Sebagai masyarakat, sebaiknya kita mentaati peraturan dengan baik.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

4. Pelayanan kesehatan

Pada faktor ini, biasanya, pemerintah harus berperan aktif secara langsung. Pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, posyandu, dan program kesehatan lainnya termasuk dalam faktor yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Program dalam pelayanan kesehatan sangat berpengaruh misalnya program imunisasi dan vaksin yang membangun sistem kekebalan tubuh anak. Bidan desa yang membantu persalinan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Lalu, posyandu lansia untuk masyarakat yang sudah lanjut usia. Jika semua hal yang disebutkan tadi tidak ada di tengah masyarakat hal ini tentunya dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan masyarakat karena masyarakat akan kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan yang mumpuni.

5. Ketersediaan pangan

Berhubungan dengan faktor geografis daerah, jenis pangan tertentu bisa jadi langka atau melimpah di suatu daerah. Daerah tandus yang susah ditanami sayuran dan tumbuhan penghasil makanan pokok misalnya akan memiliki angka malnutrisi masyarakat yang tinggi.

Selain kelangkaan, melimpahnya bahan pangan tertentu juga dapat menyebabkan penyakit tertentu bagi masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat di pesisir lebih banyak terserang penyakit hipertensi karena lebih banyak mengonsumsi makanan bernatrium (garam) tinggi.

6. Gaya hidup masyarakat

Gaya hidup kebanyakan orang biasanya ditentukan juga oleh jenis pekerjaan. Masyarakat kota biasanya bekerja kantoran, mobilitas dengan kendaraan yang sering, dan menggunakan produk instan. Berbeda dengan gaya hidup di desa yang lebih terkesan sederhana.

Masing-masing gaya hidup memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri terhadap kesehatan. Oleh karenanya, lengkapilah kekurangan dari gaya hidup yang kita miliki agar kita dapat menjalankan gaya hidup yang seimbang. Saling mengingatkan sesama untuk menjaga kesehatan masyarakat kita.

Setelah mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan diri dan masyarakat. Mulailah dari membangun pola hidup sehat diri sendiri lalu sebarkan ke masyarakat sekitar.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda