Beragam Jenis Sayuran Untuk Pelancar BAB Yang Efektif Dikonsumsi

Beragam Jenis Sayuran Untuk Pelancar BAB Yang Efektif Dikonsumsi

Apakah anda tahu jika manfaat sayuran untuk pelancar BAB sangatlah penting? Buang air besar atau BAB adalah pola kebiasaan rutin yang erat kaitanya dengan kesehatan tubuh. Aktivitas ini hampir tidak bisa dihindari karena berhubungan langsung dengan sistem pencernaan.

Pola buang air besar yang baik adalah setiap hari dengan konsistensi lunak, warna terang dan tidak pucat. Namun terkadang proses buang air besar juga bisa terganggu. Salah satu contohnya adalah mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar.

Gangguan ini disebabkan oleh banyak faktor dari dalam maupun luar tubuh. Namun, secara umum penyebabnya adalah kurangnya asupan serat dan mineral dalam pola makan sehari-hari. Serat dan mineral ini berfungsi mempermudah proses pembuangan dan penyerapan.

Jika kekurangan serat dan mineral, sisa-sisa makanan akan tertahan terlalu lama di usus besar. Itulah sebabnya mengapa anda memerlukan serat dan mineral tambahan. Serat dan mineral ini bisa didapatkan dari beraneka macam sayur-sayuran. Berikut ini beberapa jenis sayuran tersebut.

Sayuran Untuk Pelancar Buang Air Besar

Kandungan serat dalam sayur memang sangatlah tinggi dan memiliki peran penting dalam proses pembuangan. Namun, beberapa jenis sayuran dianggap memiliki manfaat pencernaan yang lebih baik. Beberapa jenis sayuran tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Sayuran Hijau

Jenis sayur-sayuran hijau memang terkenal khasiatnya dalam melancarkan sembelit atau sulit buang air besar. Beberapa jenis sayuran tersebut antara lain seperti sayur bayam, kangkung, sawi, pokchoi, dan lain sebagainya.

Sayur-sayuran tersebut tinggi akan kandungan serat, vitamin K, vitamin C dan juga asam folat. Kandungan tersebut berfungsi dalam memperlancar buang air besar. Selain itu, serat juga bisa menghindarkan berbagai macam gangguan seperti pengerasan tinja.

2. Tunas Bunga Thistle

Pernahkah Anda mendengar nama tunas bunga kristal thistle atau artichoke yang sering dijadikan sayur olahan? Tunas bunga ini memiliki manfaat dalam memperlancar buang air besar. Hal ini dikarenakan adanya kandungan prebiotik yang melancarkan sistem cerna.

Jika ingin mengonsumsi anda bisa menggabungkannya sebagai nasi dan sayur. Salah satu kandungan prebiotik yang bermanfaat dalam memperlancar proses cerna adalah inulin. Kandungan ini dijadikan makanan oleh bakteri baik pada sistem cerna.

Mengonsumsi artichoke juga bisa membuat inulin bekerja untuk melawan bakteri jahat pada usus ataupun organ pencernaan lain. Sehingga setelah mengonsumsinya anda akan merasakan pencernaan lebih lancar dan frekuensinya teratur.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

3. Rhubarb / Keladi

Tanaman yang satu ini biasa disebut dengan nama pohon keladi ataupun talas. Jenis tanaman keladi atau rhubarb ini mempunyai cita rasa asam dan biasa dijadikan masakan sayur.  Khasiat pohon keladi juga begitu populer untuk dijadikan pelancar buang air besar ataupun pencahar.

Kandungan ini didapatkan dari kandungan sennsoside A  di dalamnya. Fungsinya adalah menjaga kadar cairan dalam sistem pencernaan agar kotoran memiliki tekstur lebih lunak. Sehingga, efeknya Anda akan terhindar dari kesulitan buang air besar.

4. Daun Kol

Daun kol juga biasa disebut dengan nama kol, kubis, ataupun kubis bulat. Jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E. Terlebih lagi adanya kandungan serat tinggi yang mampu mempermudah dan memperlancar sistem pencernaan anda.

5. Kacang Polong

Manfaat dari kacang polong adalah mampu melancarkan buang air besar dan membuat kondisi usus tetap sehat. Kandungan serat yang tinggi didalamnya memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, kacang polong juga dapat membantu menyeimbangkan bakteri di sistem cerna.

6. Wortel

Sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan beragam manfaatnya, wortel sangatlah baik untuk sistem pencernaan. Sayuran wortel ini mengandung beta karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Sedangkan kandungan vitamin K, kalium, dan seratnya dapat memperlancar gangguan pencernaan. Contohnya saja gangguan sembelit atau konstipasi yang terjadi karena pengerasan tinja. Pengerasan terjadi karena tinja terlalu lama di dalam usus. Hal ini menyebabkan penyerapan air yang berlebih.

Itulah tadi beberapa jenis sayuran untuk pelancar BAB yang efektif jika dikonsumsi secara rutin. Selain sayur-sayuran diatas, sebenarnya masih banyak jenis sayuran lain. Sehingga pastikan untuk memenuhi kebutuhan serat dengan konsumsi sayuran berserat tinggi.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda