5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Kala Pandemi

5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Kala Pandemi

Saat ini dunia sedang memerangi virus corona, tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, melakukan physical distancing, dan sering menggunakan hand sanitizer adalah kuncinya. Di artikel ini, kami juga akan memberikan tips menjaga imunitas tubuh agar terhidar dari virus yang menyebar.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Lebih Kuat

Kesehatan adalah prioritas utama bagi setiap orang. Untuk menjaga kesehatan dan menghindari penyakit, Anda juga harus berusaha untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tetap terhindari virus yang berbahas. Adapun cara-cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Tetap Aktif

Mark Moyad, MD, MPH yang menjabat sebagai direktur Jenkins/Pokempner untuk pengobatan pencegahan dan pengobatan alternatif di University of Michigan Medical Center pernah berkata bahwa berolahraga adalah cara ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda.

Olahraga membuat antibodi dan sel darah putih di dalam tubuh bersirkulasi lebih cepat. Selain itu, aktif berolahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental seperti menurunkan hormon stres dan mengurangi risiko terkena penyakit.

Namun, kuncinya adalah berolahragalah dengan porsi yang tepat. Berolahraga secara berlebihan dapat membuat tubuh Anda menekan sistem imunitas tubuh Anda. Para dokter merekomendasikan untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit per hari dalam seminggu.

2. Perhatikan Diet Anda

“Delapan puluh persen dari sistem kekebalan ada di usus, jadi ketika itu sehat, kita cenderung mampu melawan infeksi lebih cepat dan lebih baik, ” kata Yufang Lin, MD dari Center for Integrative Medicine di Klinik Cleveland.

Penting untuk membatasi konsumsi daging dan gorengan karena dapat menyebabkan radang. Secara umum, kita direkomendasikan untuk diet makanan utuh. Sebaiknya Anda mengkonsumsi, makanan fermentasi, seperti yogurt, asinan kubis, miso dan kefir dalam diet harian Anda.

Hal tersebut membantu membangun bakteri baik di usus Anda sehingga usus Anda sehat. Usus yang sehat akan meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda agar tidak mudah terkena penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh.

NutrisiHarian adalah website yang memberikan informasi dalam format artikel yang terfokus pada nutrisi, kesehatan, dan berkaitan dengan pola hidup sehat.

3. Kendalikan Stres

Ada hubungan kuat antara kesehatan imunitas  tubuh dan kesehatan mental Anda. Saat Anda stress atau mengalami kecemasan kronis. Tubuh Anda menghasilkan hormon stres yang menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

Prosiding Sains Nasional pernah melakukan penelitian yang melibatkan 276 orang dewasa yang terpapar virus flu kemudian mengarantina mereka selama lima hari membuktikan bahwa orang yang merasa stress cenderung menghasilkan sitokin, molekul yang memicu peradangan.

Selain itu, orang yang stres cenderung kurang memperhatikan kebiasaan sehat lainnya, seperti makan dengan benar dan cukup tidur, yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh, tambah Lin. Untuk mengurangi stress, Anda bisa melakukan meditasi harian.

4. Tidur Yang Cukup

Ketika Anda kurang tidur, tubuh mengeluarkan hormon stres seperti kortisol yang membuat Anda tetap terjaga dan waspada. Hormon tersebut dapat menekan sistem imunitas tubuh Anda. Orang-yang tidur selama delapan jam memiliki tingkat sel yang lebih tinggi daripada orang yang kurang tidur.

Cobalah untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam tidur malam. Sebuah studi pada tahun 2015 yang diterbitkan oleh jurnal Sleep menemukan fakta bahwa orang yang tidur cukup memiliki kemungkinan empat kali lebih kecil terserang flu daripada mereka yang tidur kurang dari enam jam.

5. Konsumsi Suplemen

Tidak ada ramuan ajaib yang dapat mencegah pilek, flu, atau virus lainnya. Tetapi, sebuah review di tahun 2017, dari 25 studi yang diterbitkan dalam Jurnal Medis Inggris, menemukan bahwa dosis harian vitamin D dapat melindungi Anda dari kekurangan vitamin sinar matahari.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda kurang vitamin D adalah dengan menguji kadar darah. Anda harus berada di antara 20-39 ng / mL (nanogram per mililiter). Jika Anda berada dalam kisaran itu, suplemen harian sekitar 600 hingga 800 IU akan baik-baik saja.

Jika rendah, berkonsultasilah dengan dokter mengenai suplemen tambahan hingga 2.000 IU per hari. Cooperman menyarankan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak atau minyak untuk meningkatkan penyerapan.

The Cleveland Clinic’s Lin juga merekomendasikan memasak dengan rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, rosemary, oregano dan kunyit. Semua rempah itu telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang baik.

Beberapa rempah seperti bawang putih, bahkan telah dapat melindungi tubuh dari pilek. “Ketika pasien saya bertanya kepada saya tentang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, saya selalu kembali ke makanan, makanan, makanan,” katanya.

Nah,  itu dia 5 tips menjaga imunitas tubuh di kala pandemi atau untuk jangka panjang. Anda harus tetap menjaga kebersihan, makan teratur, minum air putih yang cukup, beristirahat dan berolahraga secara rutin agar tubuh selalu sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

Seputar Kesehatan | NutrisiHarian – Informasi seputar nutrisi dan kesehatan untuk anda